Penyandang Disabilitas Jambi Buat Pagelaran


Rabu, 17 Juli 2019 -

Ilustrasi
Ilustrasi [Istimewa ]

JERNIH.ID, Jambi - Para pelajar penyandang disabilitas di Provinsi Jambi akan membuat pagelaran seni yang bertajuk "Cahaya Tanah Pilih".

 

Menurut salah seorang tim kreatif, Medi Saputra, pagelaran seni dan sastra ini akan dikoordinir oleh sanggar seni Granada.

 

Sanggar Seni Granada merupakan sanggar yang didirikan sebagai wadah bagi para penyandang disabilitas dan anak berkebutuhan khusus untuk menyalurkan kreatifitasnya di bidang seni serta sastra.

 

"Alhamdulillah, sanggar Seni Granada telah menghasilkan beragan karya dan mampu untuk menjadi juara di sejumlah  ajang nasional," ujarnya.

 

Medi menambahkan, pagelaran Cahaya Tanah Pilih merupakan perwujudan mimpi para pelajar dan melalui pagelaran ini, para pelajar disabilitas membuktikan bahwa mereka mampu berkarya dengan kualitas yang apik.

 

Pagelaran Cahaya Tanah Pilih akan menampilkan karya-karya seni kreasi yang dimodernisasi tapi tetap mengutamakan kearifan lokal dan budaya Jambi.

 

Selain menampilkan tari kreasi, drama, dan lagu-lagu daerah Jambi, pagelaran ini juga akan menampilkan pantomim, musikalisasi puisi serta ragam permainan musik tradisional.

 

"Diberi tajuk Cahaya Tanah Pilih karena cerita yang akan dibawa pada pagelaran ini dimulai dari legenda Jambi dan akan dilanjutkan cerita mengenai kehidupan seorang anak penyandang disabilitas. Berkolaborasi dengan pekerja seni lainnya, pagelaran ini akan menyuguhkan cerita menarik dan dapat menyadarkan masyarakat mengenai kemampuan para penyandang disabilitas yang tidak kalah dengan orang pada umumnya," paparrnya.

 

Secara terpisah, humas pagelaran Cahaya Tanah Pilih, Putra Agung, menguraikan, pagelaran ini didukung langsung oleh Direktur Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud melalui program Fasilitasi Kegiatan Kesenian (FKK Kelompok) tahun 2019.

 

"Pagelaran ini mendapatkan support penuh dari Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, Pemerintah Kota Jambi dan Duta Bahasa Provinsi Jambi. Bagi masyarakat Jambi yang ingin menonton, pagelaran ini akan diadakan pada Sabtu 20 Juli 2019 di Tugu Keris Siginjai, Kotabaru, Kota Jambi serta akan dimulai pada jam 19.00 WIB," paparnya menutup obrolan.

Penulis: Redaksi

Editor: Muhammad Syafei




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Juara Gubernur Cup, Manajer PS Merangin : Ini Pertanda Kemenangan Wo Haris di Pilgub Jambi

JERNIH.ID, Jambi - Berhasil menang atas PS Kerinci, PS Merangin berhasil membuat sejarah sebagai juara bertahan pertama yang berhasil mempertahankan piala Guber

POLITIK

Taklukan Kerinci, Merangin Juara Gubernur Cup 2020

JERNIH.ID, Jambi - PS Merangin memastikan menjadi juara Gubernur Cup Jambi 2020 setelah berhasil mengalahkan PS Kerinci dengan skor 2-0 di Stadion Tri Lomba Jua

OLAHRAGA

Patah dan Berlobang, Lantai Jembatan Gantung Lubuk Bumbun - Tanjung Ilir Mengkhawatirkan

JERNIH.ID, Merangin - Kondisi jembatan gantung yang menghubungkan 2 desa, Desa Lubuk Bumbun, Kecamatan Margo Tabir dan Desa Tanjung Ilir, Kecamatan Tabir mengkh

BERITA

Babak Pertama Berakhir, Merangin Unggul 2 - 0 Atas Kerinci

JERNIH.ID, Jambi - Pertandingan final Gubernur Cup 2020 antara PS Merangin vs PS Kerinci, hari ini Rabu (22/01/2020) digelar di Stadion Tri Lomba Juang, Kota Ja

OLAHRAGA

Zumi Zola dan 3 Terpidana Akan Dihadirkan Pada Sidang Lanjutan Elhelwi Cs

JERNIH.ID, Jambi - Sidang lanjutan kasus suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi 2017 - 2018 atas terdakwa Supardi Nurzain, Gusrizal, dan Elhelwi akan dilanjutkan,

HUKUM

Advertisement