Pemkab Tanjabtim Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila


Sabtu, 01 Juni 2019 - 14:22:16 WIB - Dibaca: 185 kali

Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf. M. Arry Yudistira usai menjadi inspektur upacara memperingati Hari Lahir Pancasila, dilaksanakan di lapangan Kantor Bupati Tanjabtim, Muara Sabak Barat, Tanjung Jabung Timur. Sabtu (1/6/2019).
Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf. M. Arry Yudistira usai menjadi inspektur upacara memperingati Hari Lahir Pancasila, dilaksanakan di lapangan Kantor Bupati Tanjabtim, Muara Sabak Barat, Tanjung Jabung Timur. Sabtu (1/6/2019). [Istimewa ]

JERNIH.CO.ID, Muara Sabak - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) pagi ini menggelar upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila. Upacara digelar di lapangan Kantor Bupati Tanjabtim, Muara Sabak Barat, Tanjung Jabung Timur.

 

Pantauan jernih.co.id, upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB, Sabtu (1/6/2019). Selaku inspektur upacara Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf. M. Arry Yudistira. Dalam upacara tersebut, Letkol Inf. M. Arry Yudistira membacakan amanat dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). 

 

Dikatakan Arry bahwa pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagaimana yang sudah kita ketahui semua ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaimana dalam konsep wawasan nusantara.

 

"Kita telah melewati masa Pemilu 2019 banyak beredar di media sosial dan televisi yang memunculkan isu hoax terkait perpecahan seperti di Aceh oleh karena itu dengan peringatan hari lahir Pancasila ini sebagai pemersatu bangsa" kata Arry.

 

Arry menjelaskan sejarah awalnya pancasila berasal dari Piagam Jakarta yang pada awalnya sila pertama merupakan ketuhanan yang maha esa berdasarkan syariat islam, tapi mengigat keberagaman yang ada di indonesia dan semua yang berjuang pada saat itu tidak hanya di indonesia saja semua elemen terlibat, seperti di petempuran di Ambon dan Bali, untuk semua yang ada di indonesia baik agama Islam, Hindu, Budha, Kristen, Sehingga PPKI mencetuskan Pancasila pada sila pertama yaitu "Ketuhanan yang Maha Esa" agar kita dapat menyatu dalam bingkai Bhineka Thunggal Ika"

 

Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf M. Arry Yudistira juga meyakini anak-anak muda (Milenial) Tanjung Jabung memiliki jiwa nasionalime yang kuat dan apabila dibutuhkan akan tampil terdepan.

 

"Kami tetap yakin jiwa nasionalime anak muda kita tetap baik dan akan tampil menjadi yang terdepan, namun untuk memelihara dan menjaga konsistensi tersebut TNI, Kepolisian, FKUB, dan Pemda Tanjabtim kita akan berupaya melakukan kegiatan yang bersifat positif seperti sosialisasi wawasan kebangsaan, wawasan nusantara, dan bela negara," ujarnya.

 

Upacara selesai di lanjutkan dengan pembagian bingkisan Lebaran dari Pemda Tanjab Timur kepada Pekerja Harian Tidak Tetap (PHTT).

Penulis: Andi Ansar

Editor: Muhammad Syafei




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Kedewasaan Berpolitik

JERNIH.ID, Jambi - Telah dibacakannya beberapa pekan lalu putusan Mahkamah Konstitusi terhadap gugatan yang dilakukan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabo

OPINI

Penyandang Disabilitas Jambi Buat Pagelaran

JERNIH.ID, Jambi - Para pelajar penyandang disabilitas di Provinsi Jambi akan membuat pagelaran seni yang bertajuk "Cahaya Tanah Pilih".   Menurut salah

BERITA

Yayasan CAPPA Jambi Gelar Workshop Perhutanan Sosial

JERNIH.ID, Jambi - Salah satu persoalan mendasar tata kelola lahan di Indonesia, termasuk sektor kehutanan adalah struktur agraria yang timpang. Distribusi akse

BERITA

Gelar Coffee Morning, Romi Himbau Penyesalain Sengketa Lahan di Tanjabtim Dijadikan Prioritas

JERNIH.ID, Muara Sabak - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur mengelar Coffee Morning, bersama Forkopimda Tanjab Timur, di Ruang Kerja Bupati Tanjab Timur,

BERITA

Pemkab dan DPRD Tanjabbar Tanda Tangani Kebijakan Umum dan PPAS APBD Tahun 2020

JERNIH.ID, Kuala Tungkal - Bupati Safrial dan DPRD Tanjab Barat tandatangani nota kesepakatan kebijakan umum APBD anggaran 2020 dan pembahasan rancangan priorit

BERITA

Advertisement