Mantan Mendikbud Era SBY, Mohammad Nuh Terpilih Menjadi Ketua Dewan Pers


Rabu, 22 Mei 2019 - 13:25:06 WIB - Dibaca: 170 kali

Anggota Dewan Pers periode 2019-2023 berfoto bersama usai serah terima jabatan di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Selasa (21/5/2019).
Anggota Dewan Pers periode 2019-2023 berfoto bersama usai serah terima jabatan di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Selasa (21/5/2019). [(Galih Pradipta) Antaranews.com]

JERNIH.CO.ID, Jakarta - Menggantikan Yosep Adi Prasetyo, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Mohammad Nuh, terpilih menjadi Ketua Dewan Pers Periode 2019-2022.

 

Sebelumnya, melalui Keputusan Presiden Nomor 33/M tahun 2019, ditetapkan pemberhentian anggota Dewan Pers periode 2016-2019, sekaligus pengangkatan sembilan anggota Dewan Pers periode 2019-2022.

 

Pemilihan ketua dilakukan oleh sembilan anggota Dewan Pers periode 2019-2022. Sembilan anggota itu adalah dari unsur wartawan (Arif Zulkifli, Hendry Ch Bangun, dan Jamalul Insan), unsur perusahaan pers (Ahmad Djauhar, Agung Darmajaya, dan Asep Setiawan), serta unsur tokoh masyarakat (Agus Sudibyo, Hassanein Rais, dan Mohammad Nuh).

 

Dalam sambutannya, Muhammad Nuh mengatakan Dewan Pers ingin mendorong media memperkuat fungsi edukasi publik karena ketika masyarakat sudah tercerahkan maka self sensoring secara otomatis akan terbentuk.

 

"Ketika masyarakat semakin cerdas dan dewasa, mereka tahu berita yang tidak beres, dia sudah punya self sensoring," kata Mohammad Nuh, seperti dikutip dari antaranews.com, Rabu (22/5).

 

Lanjut Muhammad Nuh, dirinya ingin memperkuat fungsi pencerahan kepada masyarakat karena saat ini banyak informasi bohong alias hoaks yang berseliweran ditengah masyarakat.

 

Ia meminta media menjadi pencerah informasi tersebut dengan menitikberatkan pada aspek verifikasi.

 

"Karena saat ini berita itu macam-macam, dan pemikiran macam-macam, ada media yang bisa mencerahkan. Itu untuk memperkuat nasionalisme," kata Mohammad Nuh.

 

Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) ini juga ingin media memiliki fungsi empowering atau pemberdayaan sehingga fungsi-fungsi yang sudah ada di masyarakat akan semakin diperkuat dengan kehadiran media.

 

Sekedar informasi, serah terima jabatan dari Yosep Adi Prasetyo kepada Muhammad Nuh dilakukan di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Selasa.

Penulis: Redaksi

Editor: Muhammad Syafei




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Siapakah Orang Yang Mulia

JERNIH.CO.ID, Jambi - Hikmah pagi lama tidak mengudara, mohon maaf jika belum bisa istiqomah. Namun in sya Allah kami berusaha terus untuk menyajikan yang

KHAZANAH

Fachrori Pimpin Gotong Royong Bersihkan Kawasan Tanggo Rajo

JERNIH.CO.ID, Jambi - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum memimpin ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi Jambi bergotong-royo

BERITA

Festival Sumbun Kampung Laut

JERNIH.CO.ID, Muara Sabak - Beragam suku mendiami nusantara. Salah satunya di Provinsi Jambi. Tak hanya Orang Rimba dan Suku Batin Sembilan yang mengh

HIBURAN

Gelar Halal Bihalal, Swiss-Belhotel Berbagi Donasi Dengan Anak Yatim dan Warga Sekitar

JERNIH.CO.ID, Kota Jambi - Swiss-Belhotel Jambi mengadakan acara Halal Bihalal Keluarga Besar Swiss-Belhotel Jambi dalam rangka silaturahmi dan berbagi untuk se

EKONOMI BISNIS

Polres Tanjabtim Gelar Apel Konsolidasi Operasi Ketupat 2019

JERNIH.CO.ID, Muara Sabak - Dalam Operasi Ketupat Tanjab Timur tahun ini, tercatat Polres Tanjab Timur menurunkan personil, bergabung dengan pihak terkait

BERITA

Advertisement